Selasa, 17 Agustus 2010

laporan PKP

LAPORAN PRAKTIK KERJA PERPUSTAKAAN

DI SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM BHAKTI NEGARA

(STAIBN) KABUPATEN TEGAL

OLEH

MUHAMAD SULAIMAN

NIM : 016160202

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS TERBUKA

2010

Kunaji

PENGESAHAN LAPORAN

Diajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah Praktik Kerja Perpustakaan (PUST 2290) Program D- II Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Terbuka.

Kepala UPBJJ-UT Purwokerto

Drs. SAMSUL ISLAM, M.Pd

NIP. 19540906 198601 1 001

PENGESAHAN

Laporan Praktik Kerja Perpustakaan (PKP) yang dilaksanakan di Perpustakaan Sekolah Tinggi Agama Islam Bhakti Negara (STAIBN) Kabupaten Tegal telah disahkan oleh Kepala Perpustakaan Sekolah Tinggi Agama Islam Bhakti Negara (STAIBN) Kabupaten Tegal Pada:

Hari : Kamis

Tanggal : 12 Agustus 2010

Tempat : Perpustakaan Sekolah Tinggi Agama Islam Bhakti Negara (STAIBN) Kabupaten Tegal

Mengetahui,

Kepala Perpustakaan STAIBN

MOH. MAS’UNI, S.Ag, MSI

NIPY. 002998056

Pembimbing

MOH. MAS’UNI, S.Ag, MSI

NIPY. 002998056

KATA PENGANTAR

Dengan mengucap puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan taufik, hidayah serta inayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan Laporan Praktik Kerja Perpustakaan (PKP) di Kantor Perpustakaan Sekolah Tinggi Agama Islam Bhakti Negara (STAIBN) Kabupaten Tegal. Laporan ini penulis susun sebagai salah satu syarat akademis dalam menyelesaikan program D-II Ilmu Perpustakaan di Universitas Terbuka UPBJJ Purwokerto.

Dalam penyusunan laporan ini penulis mengalami banyak hambatan dan kesulitan, namun berkat bimbingan dan dorongan dari berbagai pihak akhirnya laporan ini berhasil diselesaikan. Sehubungan dengan hal tersebut dengan segala kerendahan hati, pada kesempatan ini pula penulis mengucapkan terima kasih kepada:

1. Orang tua yang senantiasa memberikan doa restu dan dukungan selama pelaksanaan Praktik Kerja Perpustakaan (PKP),

2. Bapak Kunaji, S. Ag, MSI selaku Ketua Universitas Terbuka UPBJJ Purwokerto Pokjar Kramat,

3. Bapak Moh. Mas’uni, S Ag. MSI selaku pembimbing yang telah memberikan petunjuk-petunjuk dan saran dalam penyusunan laporan ini,

4. Bapak Drs. H. Jamil Muslim, M.SI, selaku Kepala Sekolah Tinggi Agama Islam Bhakti Negara (STAIBN) Kabupaten Tegal.

5. Teman-Teman D-II Ilmu Perpustakaan Masa Registrasi Awal 2009.2

6. Semua pihak yang telah membantu, yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu.

Harapan kami semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi penulis dan para pembaca. Kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak senantiasa penulis harapkan demi sempurnanya laporan ini.

Tegal, Agustus 2010

Penulis

DAFTAR ISI

JUDUL................................................................................................................. i

HALAMAN PERSETUJUAN.............................................................................. ii

HALAMAN PENGESAHAN LAPORAN .......................................................... iii

PENGESAHAN................................................................................................... iv

KATA PENGANTAR ......................................................................................... v

DAFTAR ISI ....................................................................................................... vi

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang.............................................................................. 1

B. Tujuan Praktek Kerja Perpustakaan .............................................. 2

C. Sistematika.................................................................................... 3

BAB II KEADAAN PERPUSTAKAAN

A. Sejarah Berdirinya Perpustakaan.................................................... 4

B. Struktur Organisasi ....................................................................... 7

C. Fasilitas Yang Dimiliki ................................................................... 8

D. Pengguna Perpustakaan ................................................................ 8

BAB III KEGIATAN PERPUSTAKAAN

A. Pengadaan Bahan Pustaka ........................................................... 10

B. Pengolahan Bahan Pustaka .......................................................... 10

C. Pelayanan Bahan Pustaka ............................................................. 11

BAB IV MASALAH DAN PEMECAHAN

A. Masalah ........................................................................................ 12

B. Pemecahan .................................................................................... 13

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN

A. Kesimpulan .................................................................................. 14

B. Saran ........................................................................................... 15

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Perpustakaan merupakan tempat yang dapat memberikan informasi kepada masyarakat yang membutuhkannya. Informasi ini dapat diperoleh dari berbagai jenis bacaan yang disediakan di perpustakaan. Hal ini sesuai dengan fungsi Perpustakaan yaitu sebagai tempat penyimpanan sesuai dengan Undang-Undang Deposit UU No.4 Tahun 1990 tentang wajib simpan karya cetak 7 rekam diatur PP No. 70 Tahun 1991 yang berisi mewajibkan setiap penerbit, pencetak, produser mengirimkan contoh terbitannya ke perpustakaan Nasional atau yang ditunjuk, juga berfungsi sebagai pendidikan yaitu tempat belajar seumur hidup, penelitian berbagai ilmu pengetahuan yang membantu pelaksanaan tugas dan hiburan.

Dewasa ini di Indonesia dikenal beberapa jenis perpustakaan yaitu Perpustakaan Umum, Perpustakaan Perguruan Tinggi, Perpustakaan Sekolah, Perpustakaan Khusus dan Perpustakaan Nasional. Masing-masing jenis Perpustakaan mempunyai tujuan dan fungsi yang berbeda. Hal ini mengakibatkan jenis koleksi dan layanannya pun berbeda. Kegiatan utama setiap jenis perpustakaan adalah pengadaan, pengolahan dan pelayanan bahan pustaka.

Tidak semua orang yang bekerja di perpustakaan dapat disebut pustakawan, karena mereka harus memenuhi syarat sebagai pustakawan. Adapun definisi pustakawan menurut Organisasi Pustakawan Indonesia (namaya IPI singkatan dari Ikatan Pustakawan Indonesia) adalah orang yang memberikan dan melaksanakan kegiatan perpustakaan dalam usaha pemberian layanan/jasa kepada masyarakat sesuai dengan misi yang diemban oleh badan induknya berdasarkan Ilmu Perpustakaan, Dokumentasi dan Informasi yang diperolehnya melalui pendidikan.

PKP merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh mahasiswa D-II Ilmu Perpustakaan. Hal ini dikarenakan mahasiswa atau calon pustakawan nantinya harus mempunyai kemampuan yang kualified.

B. Tujuan

Adapun tujuan Praktik Kerja Perpustakaan (PKP) adalah :

1. Sebagai salah satu syarat menyelesaikan Program D-II Ilmu Perpustakaan,

2. Sebagai studi banding antara pengetahuan teoritis yang didapat dengan aplikasi aktual di lapangan kerja,

3. Untuk mendapatkan pengalaman kerja,

4. Mengenal alat-alat yang sudah baku dan tersedia di Perpustakaan,

5. Untuk mngembangkan kemampuan dalam mengidentifikasi masalah, mengamati suatu proses, mengumpulkan data serta dapat membuat suatu kesimpulan yang dilandasi dengan sikap ilmiah.

C. Sistematika

Untuk memudahkan dalam penyampaian laporan PKP, berikut penulis uraikan secara singkat sistematika penyusunan laporan yaitu sebagai berikut :

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

B. Tujuan Praktek Kerja Perpustakaan

C. Sistematik

BAB II KEADAAN PERPUSTAKAAN

A. Sejarah Berdirinya Perpustakaan

B. Struktur Organisasi

C. Fasilitas Yang Dimiliki

D. Pengguna Perpustakaan

BAB III MASALAH DAN PEMECAHANNYA

A. Masalah

B. Pemecahan

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN

A. Kesimpulan

B. Saran

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN

BAB II

KEADAAN PERPUSTAKAAN

A. Sejarah Berdirinya Perpustakaan

1. Latar Belakang Berdirinya

Kalau kita melintasi sejarah berdirinya Perpustakaan STAI Bakti Negara, maka tidak bisa di pisahkan dengan lintasan-lintasan sejarah sebelumnya, agar kita mengerti dan memahami sejarah yang sebenarnya.

Kalau kami menguraikan sejarah tersebut, sangat panjang ceritanya tapi karena waktu yang diberikan kepada kami terbatas, maka akan di terangkan sebagai berikut :

1. Fakultas Usuluddin IAIN Sunan Kali Jaga Jogjakarta, Cabang di Slawi Tegal yang telah susah payah kami berempat ( KH. Khosim Tafsir, R.Moh Cholid Sofyan Badrun dan H. A. Busjaeri ) merintis / mendirikanya pada tahun 1970 dan sudah berjalan lancar dipimpin oleh Dekan Bpk. Drs. Khozim Mahmud dan Drs. Cholil Rahman dan telah mengeluarkan beberapa sarjana antara lain Drs. H. CH. Abidin, Drs. Mukhidin, Drs. H. Affan Castro dan H.Abdul Mujib SAG beliau alumnus IAIN Slawi yang sekarang pejabat eselon III tapi dengan situasi kondisi lokasi dan politis fakultas tersebut ditarik ke IAIN Walisongo Semarang.

2. Tenggelamnya kepedulian/perhatian masyarakat Tegal terhadap Sekolah Tinggi Agama Islam karena dibayang-bayangi sikon politik padahal sudah banyak sarjana-sarjana alumnus Sekolah Tinggi Agama Islam dari Jakarta, Jogja, Semarang, Surabaya dan sebagainya tapi mereka masih perhitungan, belum membangkitkan jiwa semangatnya dan memang Allah Yang Maha Perkasa belum memberi kekuatan kepada kita berasma untuk berjuang.

2. Timbul berdirinya IBN sebagai kelanjutan dan pengganti IAIN Slawi

Alhamdulillah pada bulan suci Ramadhan ada beberapa sesepuh dan pemuda yang diberi kekuatan dan keberanian oleh Allah untuk merintis dan mendirikan IAIN Swasta

1. Perintis berdirinya IBN

Pertemuan musyawarah pertama

Hari : Senin, 25 Mei 1987 ( 27 Ramadhan )

Waktu : Jam 21.00 WIB ( Ba’da Tarawih )

Tempat : di rumah KH. Qosim Tafsir Karanganyar

Keperluan : Merintis kembalinya IAI Swasta sebagai pengganti IAIN

Hadir : 1. KH. Qosim Tafsir (unsur lama)

2. Drs. H. Bahrudin (unsur pemda)

3. Drs. Busyairi (unsur cendekiawan)

4. Drs. Sobrowi Generasi Muda Islam (notilen)

Keputusan : Wajib Bangkit Mendirikan IAIS dengan landasan :

2. Pertemuan musyawarah kedua

Hari : Senin, 1 Juni 1987 ( 4 Syawal )

Waktu : Jam 20.00 WIB ( Ba’da Isya )

Tempat : di rumah Drs. H. CH. Abidin Kajen Lebaksiu

Keperluan : Mendirikan IAIS dengan nama Bakti Negara

Hadir : 1. Drs. Damhar Abudapes

2. Drs. H. Bahrudin

3. Drs. Busyairi

4. Drs. Sobrowi

5. Drs. Jamil Muslim

Keputusan : Menyusun Panitia Pendiri

3. Pertemuan musyawarah ketiga

Hari : Rabu, 3 Juni 1987 ( 6 Syawal )

Waktu : Jam 14.00 WIB

Tempat : Masjid Agung Slawi

Keperluan : 1. Menyusun Panitia Pendiri dan Pembagian Tugas

2. Konsul ke Bupati

- Pada tanggal 15 Juni 1987 Bupati Tegal (Drs. H. Wienahto) memberi rekomendasi berdirinya IBN dengan surat Dinas No. 420/0188/1987.

- Kemudian kami panitia pendiri mengajukan permohonan ke Kopertis Wilayah X Jawa Tengah (IAIN Walisongo Semarang) terus langsung di survey tanggal 16 Juli 1987 yang akhirnya permohonan di kabulkan dan mendapat izin operasional No. 03/1987 tanggal 10 Agustus

4. Maka pada hari rabu tanggal 16 September 1987 diadakan upacara pembukaan peresmian berdirinya IBN berikut Gedung Perpustakaanya, dengan Dies Natalis Kuliah Umum oleh Drs. H. Kholil Rahman pimpinan Kopertais/ Dosen IAIN Walisongo Semarang di pendopo Pemda Kab. Tegal.

3. Rencana Program IBN

Visi :

Terwujudnya iman dan taqwa yang akhlaqul karimah dan Terwujudnya intelektual yang kualitas dan populis“.

Misi :

Mengembangkan ideologis, sosialis dan politis yang Islamis”

B. Struktur Organisasi

C. Fasilitas yang Dimiliki

Komposisi ruang (lay out) gedung perpustakaan adalah sebagai berikut:

a. Ruang Sirkulasi

b. Ruang Belajar

c. Ruang Referensi

d. Ruang Deposit

e. Gudang

f. Mushola

g. Ruang keluarga penjaga kantor

h. Masih terdapat ruang untuk counter, locker dan ruang tunggu

i. Loby

j. Ruang Pustakawan

k. Ruang Kepala Perpustakaan

l. Ruang Staf Administrasi

m. Ruang Pengolahan dan Pemrosesan

Perlengkapan yang diperlukan untuk memperlancar jalannya perpustakaan antara lain: rak buku, rak penitipan tas, meja kursi sirkulasi, meja baca untuk pengguna, almari katalog, rak majalah, rak penyimpanan arsip, komputer, mesin tik, papan statistik, kipas angin, lampu penerang, jam dinding, emergency lamp.

D. Pengguna Perpustakaan

Tugas utama Perpustakaan STAIBN adalah membantu para mahasiswa memperoleh sumber informasi. Membantu dalam arti harfiahnya adalah melayani dan memenuhi kebutuhan mahasiswa setiap jurusan yang ada.

Tugas dan fungsi yang berhubungan dengan STAIBN adalah satu wujud kepedulian terhadap pelayanan Pengguna Perpustakaan antara lain :

  1. Mahasiwa-Mahasiswi
  2. Pengajar/Dosen
  3. Peneliti dan semua unsur yang terlibat di dalam kegiatan akademik.

Di bidang pendidikan, Perpustakaan STAIBN harus mampu mengubah metode dan suasana belajar-mengajar agar mahasiswa dan dosen sama-sama aktif dan dinamis dalam upaya pendayagunaan perpustakaan secara optimal. Perpustakaan juga memungkinkan mahasiswa dan dosen mengembangkan kreativitas dan imajinasi mereka. Kedua pihak ini adalah aset bagi pepustakaan itu sendiri.

Kebutuhan mahasiswa dan dosen sangat beragam, sehingga koleksi harus terpenuhi untuk menjawab kebutuhan mahasiswa dan dosen tersebut, Perpustakaan STAIBN menyediakan koleksi buku meliputi berbagai disiplin ilmu, antara lain koleksi umum, filsafat, agama, sosial politik, ekonomi, ilmu-ilmu budaya, kesusastraan dan sejarah dan lain-lain. Koleksi-koleksi tersebut diharapkan berguna untuk memenuhi setiap kebutuhan mahasiswa di STAIBN Tegal dan semua unsur yang terlibat di dalam kegiatan akademik.

BAB III

KEGIATAN PERPUSTAKAAN

A. Pengadaan Bahan Pustaka

Dalam kegiatan pengadaan bahan pustaka di Perpustakaan STAIBN dapat meliputi:

a. Menyeleksi tambahan koleksi

b. Mengadakan pengadaan koleks

1. Mengadakan pembelian.

2. Pemberian hadiah tanpan diminta.

3. Hadiah atas permintaan.

4. Pertukaran.

c. Menyiapkan Desirata

d. Mengadakan pemesanan dan pembelian

e. Pembuatan file atau administrasi pengadaan

1. File pemesanan.

2. File kwintansi penerbit (invoice penerbit).

3. File bukti Pembayaran dari Bank.

4. File Desiderata.

f. Statistik Pengadaan

B. Pengolahan Bahan Pustaka

Kegiatan pengolahan bahan pustaka di Perpustakaan Sekolah Tinggi Agama Islam Bakti Negara (STAIBN) masih menggunakan cara manual, termasuk inventaris. Kegiatan pengolahan bahan pustaka meliputi:

a. Pra-Katalogisasi

1. Penerimaan

2. Pengecekan

3. Pemberian Nomor Induk

b. Katalogisasi

1. Menetapkan jenis buku

2. Menentukan pengarang

3. Menentukan judul

4. Menentukan subyek

5. Menentukan nomor kelas

6. Memasukan dalam pangkalan data (otomasi), tetapiu dalam hal ini dilakukan penulisan data ke dalam buku inventaris (manual)

c. Pasca Katalogisasi

1. Penempelan label

2. Penempelan kantong buku

3. Penempelan slip tanggal kembali (date due)

4. Pembuatan dan memasukan kartu buku

5. Menjajarkan buku pada rak buku

6. Untuk sasat ini pembuatan kartu katalog telah selesai dilakukan.

C. Pelayanan Bahan Pustaka

Pelayanan Perpustakaan STAIBN menggunakan sistem terbuka. Pelayanan referensi digunakan untuk melakukan rujukan dan penelitian.

Untuk jadwal pelayanan ditempat diatur sebagai berikut:

NO

HARI

WAKTU (WIB)

KETERANGAN

1.

2.

3.

4.

5.

6.

Senin

Selasa

Rabu

Kamis

Jumat

Sabtu

08.00-17.30

08.00-17.30

08.00-17.30

08.00-17.30

08.00-11.00

08.00-17.30

Hari Minggu tutup

Jumlah anggota perpustakaan sampai dengan Agustus 2010 mencapai 700 anggota, yang terdiri dari Mahasiswa, dosen, dan elemen STAIBN. Adapun persyaratan dan ketentuan peminjaman, blangko pendaftaran dan blangko penagihan buku, terlampir.

BAB IV

MASALAH DAN PEMECAHAN

A. Masalah

Perpustakaan STAIBN Kabupaten Tegal. Fasilitas yang tersedia sangat mendukung proses pembelajaran bagi Mahasiswa. Namun banyak permasalahan yang dihadapi dari berbagai aspek.

Mengingat Perpustakaan STAIBN Kabupaten Tegal. melayani seluruh Mahasiswa yang berjumlah 700 (Tujuh ratus) jiwa, yang berada di STAIBN Kabupaten Tegal, Maka jumlah koleksi yang harus disediakan haruslah banyak. Namun yang sekarang dimiliki total koleksi sejumlah kurang lebih 2.000 buku.

Berdasarkan jenis pelayanan dan luas kantor pelayanan, Perpustakaan STAIBN Kabupaten Tegal maka dibutuhkan cukup banyak petugas Perpustakaan khususnya pada bagian sirkulasi atau pelayanan. Sedangkan realita yang ada, petugas Perpustakaan jumlahnya tidak mencukupi untuk melayani pengunjung yang jumlahnya sangat banyak.

Pustakawan di Perpustakaan STAIBN Kabupaten Tegal hanya ada dua orang. Padahal tugas pustakawan sangat banyak dalam mengolah Perpustakaan. Hal ini menyebabkan dalam pengolahan Perpustakaan tidak dapat berjalan denagn lancar dan baik.

Perpustakaan STAIBN Kabupaten Tegal kurang didukung oleh berbagai jenis kegiatan atau lomba yang berbasis membaca.

B. Pemecahan

Masalah tersebut diatas dapat diatasi dengan cara:

a. Untuk mengatasi masalah koleksi hendaknya Perpustakaan STAIBN Kabupaten Tegal menambah jumlah koleksi sesuai dengan kebutuhan. Dan mengajukan anggaran pengadaan bahan pustaka yang lebih besar kepada Keluarga Besar STAIBN dan Juga Kepemerintahan terkait.

b. Untuk mengatasi masalah pelayanan hendaknya Perpustakaan STAIBN Kabupaten Tegal menambah pegawai Perpustakaan yang lebih banyak dan mempunyai pendidikan minimal D- II Ilmu Perpustakaan.

c. Perpustakaan STAIBN Kabupaten Tegal hendaknya menambah Pustakawan paling tidak berjumlah tiga orang lagi yang mempunyai pendidikan minimal D-II Ilmu Perpustakaan, agar pengolahan perpustakaan dapat berjalan lancar dan baik.

d. Perpustakaan STAIBN Kabupaten Tegal hendaknya mengadakan kegiatan atau lomba berbasis membaca yang cukup banyak meliputi : lomba sinopsis, resensi buku, story telling, membaca, pidato, mengarang dan membuat majalah dinding yang diselenggarakan secara berjenjang menurut tingkat pendidikan. Agar Perpustakaan STAIBN Kabupaten Tegal banyak dikunjungi Anggotanya.

BAB V

KESIMPULAN DAN SARAN

Setelah dilaksanakan Praktik Kerja Perpustakaan di STAIBN Kabupaten Tegal, dapat ditarik kesimpulan dan saran sebagai berikut:

A. Kesimpulan

Dari pengamatan yang telah dilakukan penulis dapat menarik kesimpulan bahwa:

1. Perpustakaan merupakan tempat belajar sepanjang hayat.

2. Perpustakaan STAIBN Kabupaten Tegal letaknya strategis dan berada dalam lingkungan pendidikan dan dapat meningkatkan mutu pendidikan.

3. Perpustakaan STAIBN Kabupaten Tegal merupakan perpustakaan khusus yang bangunannya Sederhana dengan pengaturan interior ruang yang cukup rapi, bersih, dan tertata baik sehingga menjadikan pengunjung merasa betah dan nyaman.

4. Setelah penyelenggaraan PKP sangat memberi pengalaman kepada mahasiswa untuk bekal dan berperan sebagai petugas profesional perpustakaan.

5. Tugas-tugas di Perpustakaan yang diikuti oleh semua mahasiswa PKP) menjadi arena latihan dan pengembangan ketrampilan selama mengikuti PKP.

6. Tugas-tugas selam mengikuti PKP membuka wawasan dan pengembangan ketrampilan seluruh mahasiswa PKP.

7. Pelaksanaan PKP secara keseluruhan termasuk pelaporan menjadi medan ujian akademik dan skill yang akan membentuk jiwa profesionalisme para mahasiswa peserta PKP, serta memiliki arti penting bagi mahasiswa peserta PKP menjadi pustakawan profesional.

8. PKP bagi mahasiswa merupakan ajang implementasi mahasiswa peserta PKP baik secara akademik maupun skill dari semua mata kuliah yang diberikan sepanjang mahasiswa megikuti Program Studi D-II Ilmu Perpustakaan.

B. Saran

Setelah penulis melaksanakan PKP, maka penulis memberi saran sebagai berikut:

1. Kantor perpustakaan STAIBN Kabupaten Tegal perlu meningkatkan pelayanannya dengan menambah atau memperbaiki fasilitas yang ada.

2. Kantor Perpustakaan STAIBN Kabupaten Tegal perlu menambah jumlah koleksi agar mencukupi kebutuhan penggunanya.

3. Kantor Perpustakaan STAIBN Kabupaten Tegal membutuhkan penambahan sumber daya manusia yang banyak.

4. Kantor Perpustakaan STAIBN Kabupaten Tegal memerlukan pustakawan minimal 3 pustakawan.

5. Kantor Perpustakaan STAIBN Kabupaten Tegal membutuhkan peralatan teknologi informasi dan komunikasi yang memadai.

6. Kantor Perpustakaan STAIBN Kabupaten Tegal perlu melaksanakan layanan internet.

7. Kantor Perpustakaan STAIBN Kabupaten Tegal perlu melakukan berbagai macam kegiatan atau lomba berbasis membaca.

8. Kantor Perpustakaan STAIBN Kabupaten Tegal sebaiknya sering mengadakan berbagai macam kegiatan sosialisasi dan promosi kepada Mahasiswa STAIBN agar semakin mengetahui eksistensi Kantor Perpustakaan STAIBN Kabupaten Tegal

DAFTAR PUSTAKA

Nuraini, Siti. (2007). Panduan Praktek Kerja Perpustakaan (untuk mahasiswa) Program Studi D-II Perpustakaan. Jakarta : Universitas Terbuka.

Purwono. (2007). Perpustakaan Dan Kepustakawanan. Jakarta : Universitas Terbuka.

Martoatmodjo, Karmidi. (2008). Pelayanan Bahan Pustaka. Jakarta : Universitas Terbuka.

Yulia, Yuyu. (2009). Pengolahan Bahan Pustaka. Jakarta : Universitas Terbuka.

Kantor Sekolah Tinggi Agama Islam Bakti Negara (STAIBN) Kabupaten Tegal. (2010). Program Kerja Tahun 2010. Tegal : Kantor Perpustakaan Sekolah Tinggi Agama Islam Bakti Negara (STAIBN) Kabupaten Tegal.

Lampiran 1

Buku Kerja

“KEGIATAN PRAKTIK KERJA PERPUSTAKAAN

DI SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM BHAKTI NEGARA

(STAIBN) KAB. TEGAL”

Nama Mahsiswa : Muhamad Sulaiman

NIM : 016160202

Registrasi I Tahun : 2009.2

PROGRAM STUDI D-II PERPUSTAKAAN

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS TERBUKA

Lampiran 2

Perlengkapan Administrasi Pelayanan

Blangko Kartu Anggota

Lampiran 3

Perlengkapan Administrasi Pengolahan

Slip Tanggal Kembali Kartu Buku

Label

Kantong Buku

Lampiran 4

Stempel Inventaris

Stempel Perpustakaan Sekolah Tinggi Agama Islam Bhakti Negara

Kab Tegal

HASIL PRAKTIK KERJA PERPUSTAKAAN (PKP)

Selama pelaksanaan Praktik Kerja Perpustakaan yang berlangsung dari tanggal 12 Juli sampai dengan 12 Agustus 2010 di Perpustakaan Sekolah Tinggi Agama Islam Bakti Negara (STAIBN) Kabupaten Tegal penulis telah melaksanakan kegiatan/tugas sebagai berikut :

1. Membuat Sinopsis dengan judul : Kereta Api yang Sombong, Simbad, Laskar Pelangi

2. Membuat Resensi Buku dengan judul : Martin, Hutanku Paru-paruku, Animasi

3. Sosialisasi Perpustakaan

4. Promosi Perpustakaan

5. Membuat Cerita Anak dengan judul : Sipelit, Sinderela, Kerbau dan Kambing

6. Membuat Berita Media Massa dengan judul KKN Mahasiswa-Mahasiswi Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIBN) Tegal.

7. Preservarasi Buku sebanyak 10 buku

8. Peragaan Story Telling

9. Membuat Usulan Pengadaan Buku

10. Membuat Leaflet

11. Membuat Proposal Taman Bacaan Cerdas Bersama

12. Membuat Kliping Politik

13. Pemanfaatan Teknologi Informasi menggunakan

Hardware : - Seperangkat Komputer

- Scanner Umax 4100

Software : - ABBYY Fine Reader 5.0

- Adobe Page Maker 7.0

- Facebook

Media diambil dari Harian Radar Tegal dan Suara Merdeka yang memuat secara rutin., yang apabila dihimpun secara lengkap bisa menjadi koleksi dalam bentuk buku sebagai koleksi perpustakaan yang baru.Seluruh hasil kegiatan/tugas terlampir.

TUGAS MATA KULIAH : PRAKTIK KERJA PERPUSTAKAAN (PKP)

LOKASI : PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM BAKTI NEGARA (STAIBN)

KEGIATAN : MEMBUAT SINOPSIS

TANGGAL PELAKSANAAN : 20 JULI 2010

PELAKSANA

NAMA : MUHAMAD SULAIMAN

NIM : 016160202


Spesifikasi Buku

Judul : Kereta Api yang Sombong

Pengarang : Tim Nuansa

Penerbit : Nuansa

Bahas : Indonesia

Tahun Penerbit : 2008

Tebal Halaman : 44 hal

Call Number : 613

Thomas adalah sebuah lokomotif uap kecil yang berwarna biru. Ia tinggal di pulau Sodor dengan beberapa lokomotif yang lain. Kadang-kadang tomas menarik gerbong-gerbongnya Ani dan Clarabel. Dunia anak-anak penuh dengan khayalan positif. Melalui dongeng, perkembangan daya khayal dan penalaran anak dapat berkembang makin baik. Pada saat dewasa nanti dia akan mengenang dongeng yang pernah di bacanya sebagai sesuatu yang positif dan membantu penalaranya dalam mencari solusi problematika kehidupan.

Anak yang cerdas biasanya menyukai dongeng. Karena dongeng dapat membantu menghidupkan daya khayal dan nalar anak-anak.

Cerita bergambar dalam seri ini mengisahkan tentang kereta api bernama Thomas. Thomas menyombongkan diri bahwa tiada alat angkat lain sehebat dirinya. Suatu ketika sebuah retakan rel membuat Thomas tak bisa berjalan thomas menyadari kesalahaya.

Tegal, 12 Agustus 2010

PEMBIMBING PKP

MAHASISWA

MOH. MAS’UNI, S.Ag, MSI

NIPY. 002998056

MUHAMAD SULAIMAN

NIM. 16160202

TUGAS MATA KULIAH : PRAKTIK KERJA PERPUSTAKAAN (PKP)

LOKASI : PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM BAKTI NEGARA (STAIBN)

KEGIATAN : MEMBUAT SINOPSIS

TANGGAL PELAKSANAAN : 20 FEBRUARI 2010

PELAKSANA

NAMA : MUHAMAD SULAIMAN

NIM : 016160202


Spesifikasi Buku

Judul : Simbad

Pengarang : Rajni Jain

Penerbit : Nuansa

Bahasa : Indonesia

Tahun Penerbit : 2008

Tebal Halaman : 42 hal

Call Number : 613

Pada zaman dahulu kala di Baghdad ada seorang pelaut bernama simbad. Pada saat itu ia menumpang sebuah kapal menuju beberapa tempat terpencil. Ia menjelajahi beberapa pulau bersama teman-temanya sesama pelaut. Ia menjual barang muatanya dan memperoleh beberapa koin emas.

Pada suatu pagi, angin topan yang dahsyat bertiup ketika ia berada jauh di tengah laut, beberapa mil dari darat. Mereka tidak pernah melihat daratan sedikitpun selama seminggu. Akhirnya angin topan mereda, tetapi mereka benar-benar tersesat. Mereka terus berlayar. Beberapa hari kemudian, mereka dapat melihat sekilas daratan. Ketika mereka sampai kepantai, Sinbad meelihat wajah-wajah aneh bersembunyi dibalik semak-semak. Kemudian ketua rombongan berseru, “saya pernah mendengar tentang tempat ini sebelumnya. Tempat ini adalah pulau orang-orang Ape”

Tegal, 12 Agustus 2010

PEMBIMBING PKP

MAHASISWA

MOH. MAS’UNI, S.Ag, MSI

NIPY. 002998056

MUHAMAD SULAIMAN

NIM. 016160202

TUGAS MATA KULIAH : PRAKTIK KERJA PERPUSTAKAAN (PKP)

LOKASI : PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM BAKTI NEGARA (STAIBN)

KEGIATAN : MEMBUAT SINOPSIS

TANGGAL PELAKSANAAN : 20 JULI 2010

PELAKSANA

NAMA : MUHAMAD SULAIMAN

NIM : 016160202


Spesifikasi Buku

Judul : Laskar Pelangi

Pengarang : Andrea Hirata

Penerbit : Bentang

Bahasa : Indonesia

Tebal Halaman : 200 hal

Call Number : 813

Buku keempat dari tetralogi laskar pelangi 'Jika dulu aku tak menegakkan sumpah untuk sekolah setinggi-tingginya demi martabat ayahku, aku dapat melihat diriku dengan terang sore ini: sedang berdiri dengan tubuh hitam kumal, yang kelihatan hanya mataku, memegang sekop menghadapi gunungan timah, mengumpulkan nafas, menghela tenaga, mencedokinya dari pukul delapan pagi sampai magrib, menggantikan tugas ayahku, yang dulu menggantikan tugas ayahnya. Aku menolak semua itu! Aku menolak perlakuan buruk nasib kepada ayahku dan kepada kaumku. Kini Tuhan telah memeluk mimpiku. Atas nama harkat kaumku, martabat ayahku, kurasakan dalam aliran darahku saat nasib membuktikan sifatnya yang hakiki bahwa ia akan memihak kepada para pemberani.'

Keberanian dan keteguhan hati telah membawa ikal pada banyak tempat dan peristiwa. Sudut-sudut dunia telah dia kunjungi demi menemukan A Ling. Apa pun ikal lakukan demi perempuan itu. Keberaniannya ditantang ketika tanda-tanda keberadaan A Ling tampak. Dia tetap mencari, meski tanda-tanda itu masih samar. Dapatkah keduanya bertemu kembali? Novel ini menceritakan semua hal tentang Laskar Pelangi, A Ling, Arai, Lintang, dan beberapa tokoh dalam cerita sebelumnya. Tetap dengan sihir kata- katanya, Anda akan dibawa Andrea pada kisah yang menakjubkan sekaligus mengharukan.



Tegal, 12 Agustus 2010

PEMBIMBING PKP

MAHASISWA

MOH. MAS’UNI, S.Ag, MSI

NIPY. 002998056

MUHAMAD SULAIMAN

NIM. 016160202

TUGAS MATA KULIAH : PRAKTIK KERJA PERPUSTAKAAN (PKP)

LOKASI : PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM BAKTI NEGARA (STAIBN)

KEGIATAN : MEMBUAT RESENSI BUKU

TANGGAL PELAKSANAAN : 21 JULI 2010

PELAKSANA

NAMA : MUHAMAD SULAIMAN

NIM : 016160202


Judul : Martin

Pengarang : Tim Nuansa

Penerbit : Nuansa

Tahun Penerbit : 2008

Tebal Halaman : 19 hal

Call Number : 613

Seorang yang berbudi luhur adalah seorang yang secara moral benar. Dia berjuang untuk kebenaran, sadar bahwa Tuhan akan selalu berada di sisinya. Seorang yang erbudi luhur adalah orang yang tidak pernah takut, karena dia sadar, betapapun kuat lawan-lawannya , kebenaran selalu bersamanya.

Ini adalah cerita tentang Martin Luther King, yang dapat di anggap sebagai pahlawan terbesar warga kulit hitam di Amerika Serikat. Seorang pendeta Baptis berkulit hitam, dia memimpin hak-hak sipil pada 1950 dan 1960 di Amerika Serikat. Martin memperjuangkan hak-hak kaumnya, warga kulit hitam dengan mengubah pandangan seluruh negeri.

Tegal, 12 Agustus 2010

PEMBIMBING PKP

MAHASISWA

MOH. MAS’UNI, S.Ag, MSI

NIPY. 002998056

MUHAMAD SULAIMAN

NIM. 016160202

TUGAS MATA KULIAH : PRAKTIK KERJA PERPUSTAKAAN (PKP)

LOKASI : PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM BAKTI NEGARA (STAIBN)

KEGIATAN : MEMBUAT RESENSI BUKU

TANGGAL PELAKSANAAN : 21 JULI 2010

PELAKSANA

NAMA : MUHAMAD SULAIMAN

NIM : 016160202


Judul : Hutanku Paru-paruku

Pengarang : Yopi Sartika, S.Si

Penerbit : Regina

Tahun Penerbit : 2008

Tebal Halaman : 60 hal

Call Number : 634.9

Bagian pertama tentang paradigma baru pengelolaan hutan yang memuat urgensi perubahan, pengertian pengelolaan hutan lestari dan implementasi konsep program pembangunan kehutanan yang berbasis masyarakat sebagai suatu paradigma baru pengelolaan hutan di era desentralisasi.

Bagian kedua tentang pengelolaan hutan berbasis masyarakat yang memuat paradigma hutan untuk masyarakat, prinsip dasar pengelolaan hutan berbasis masyarakat dan harapan implementasi ke depan yang merupakan sasaran akhir dari program pengelolaan hutan tersebut.

Bagian ketiga tentang prinsip pengelolaan hutan lestari yang memuat konsep dasar pengelolaan hutan lestari, prinsip kelestarian hasil dan pengelolaan hutan produksi (kesatuan pengelolaan, kelestarian hasil, ukuran hasil, waktu pencapaian ukuran kelestarian hasil, dan syarat-syarat kelestarian hasil) dan indikator kelestarian hutan.

Bagian keempat tentang implementasi pengelolaan hutan masyarakat adat Papua yang memuat regulasi Ijin Pemungutan Kayu Masyarakat Adat (IPK-MA), pola perijinan IPKMA/KOPERMAS, pola partisipasi masyarakat dengan investor, pola partisipasi masyarakat dalam IPKMA, sistem Sivikultur IPKMA/KOPERMAS, dampak kegiatan IPK-MA, isu utama pengelolaan hutan IPK-MA dan strategi ke depan pengelolaan hutan berbasis masyarakat adat.

Bagian kelima tentang pengembangan model alternatif Pengelolaan Hutan Masyarakat Adat (PHMA) yang memuat dasar pertimbangan penyusunan model, kriteria dan indikator penentu model alternatif, model-model alternatif pengelolaan hutan masyarakat adat, penetapan arela kelola masyarakat dan syarat penetapan model alternatif PHMA.

Buku ini akan menjadi rambu utama dalam pengelolaan hutan berbasis masyarakat karena telah menawarkan model-model alternatif pengelolaan hutan alam Papua yang sesuai dengan kondisi objektif kawasan hutan dan sosial budaya masyarakat adat. Dengan demikian hutan Papua akan mewujudkan jiwa dan nafas dalam wacana “forets for people” atau “hutan untuk kemanusiaan”.

Tegal, 12 Agustus 2010

PEMBIMBING PKP

MAHASISWA

MOH. MAS’UNI, S.Ag, MSI

NIPY. 002998056

MUHAMAD SULAIMAN

NIM. 016160202

TUGAS MATA KULIAH : PRAKTIK KERJA PERPUSTAKAAN (PKP)

LOKASI : PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM BAKTI NEGARA (STAIBN)

KEGIATAN : MEMBUAT RESENSI BUKU

TANGGAL PELAKSANAAN : 21 FEBRUARI 2010

PELAKSANA

NAMA : MUHAMAD SULAIMAN

NIM : 016160202


Judul : Animasi

Pengarang : Edi Fadilah

Penerbit : Aurora Angkasa Perdana

Tahun Penerbit : 2008

Tebal Halaman : 32 hal

Call Number : 006

Buku ini terdiri dari 10 bab. yang akan membahas 10 animasi kartun. Sesuai dengan judulnya buku ini mengajarkan bagaimana membuat animasi kartun dengan menggunakan program Flash. Bagi anda penggemar animasi kartun, sudah saatnya untuk membuat film kartun sendiri, dengan menciptakan gerakan animasi yang unik , lucu dan menarik. Buku ini mengajarkan bagaimana cara membuat animasi kartun dengan teknik menggambar langsung, menggabungkan beberapa elemen gambar, hingga memberikan suara pada animasi kartun.Buku ini baik dibaca untuk masyarakat umum juga bagi pemula yang ingin membuat animasi kartun sendiri, karena buku ini dilengkapi dengan CD video tutorial untuk mempermudah proses belajar anda.

Buku ini memuat materi:

Bab 1 : Dancer

Bab 2 : Huba-huba

Bab 3: Kampungku

Bab 4: Berayun

Bab 5: Kumbang

Bab 6: Meong

Bab 7: Sang Kodok (Hyn)

Tegal, 12 Agustus 2010

PEMBIMBING PKP

MAHASISWA

MOH. MAS’UNI, S.Ag, MSI

NIPY. 002998056

MUHAMAD SULAIMAN

NIM. 16160202

TUGAS MATA KULIAH : PRAKTiK KERJA PERPUSTAKAAN (PKP)

LOKASI : PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM BAKTI NEGARA (STAIBN)

KEGIATAN : SOSIALISASI PERPUSTAKAAN

TANGGAL PELAKSANAAN : 22 JULI 2010

PELAKSANA

NAMA : MUHAMAD SULAIMAN

NIM : 016160202


SOSIALISASI PERPUSTAKAAN

NO

SASARAN

ALAMAT

MATERI PENYAMPAIAN

1.

2.

3.

4.

5.

Eka Rizqi Fajriyah

Siswo Eko Prasetyo

Moh. Herman

Darojati Amaliyah

Maghfiroh

Kambangan Rt. 20/04 Lebaksiu

Rambul Rt. 20/04 Bojong

Jembayat Rt. 03/07 Margasari Tegal

Purbasana Rt. 06/02

Tarub Tegal

Kemanggungan Rt. 02/01

Tarub Tegal

1. Penyampaian info tentang pentingya Perpustakaan

2. Penyampaian info tentang Perpustakaan Sekolah Tinggi Agama Islam Bakti Negara (STAIBN) Kabupaten Tegal

3. Penyampaian info tentang koleksi yang dimiliki Perpustakaan Sekolah Tinggi Agama Islam Bakti Negara (STAIBN) Kabupaten Tegal

4. Penyampaian info tentang sistem pelayanan di Perpustakaan Sekolah Tinggi Agama Islam Bakti Negara (STAIBN) Kabupaten Tegal

5. Penyampaian info tentang kegiatan-kegiatan yang bisa diadakan di Perpustakaan Sekolah Tinggi Agama Islam Bakti Negara (STAIBN) Kabupaten Tegal

Tegal, 12 Agustus 2010

PEMBIMBING PKP

MAHASISWA

MOH. MAS’UNI, S.Ag, MSI

NIPY. 002998056

MUHAMAD SULAIMAN

NIM. 16160202

TUGAS MATA KULIAH : PRAKTIK KERJA PERPUSTAKAAN (PKP)

LOKASI : PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM BAKTI NEGARA (STAIBN)

KEGIATAN : MEMBUAT CERITA ANAK

TANGGAL PELAKSANAAN : 23 JULI 2010

PELAKSANA

NAMA : MUHAMAD SULAIMAN

NIM : 016160202


Si Pelit

Seorang yang sangat pelit mengubur emasnya secara diam-diam di tempat yang dirahasiakannya di tamannya. Setiap hari dia pergi ke tempat dimana dia mengubur emasnya, menggalinya dan menghitungnya kembali satu-persatu untuk memastikan bahwa tidak ada emasnya yang hilang. Dia sangat sering melakukan hal itu sehingga seorang pencuri yang mengawasinya, dapat menebak apa yang disembunyikan oleh si Pelit itu dan suatu malam, dengan diam-diam pencuri itu menggali harta karun tersebut dan membawanya pergi.

Ketika si Pelit menyadari kehilangan hartanya, dia menjadi sangat sedih dan putus asa. Dia mengerang-erang sambil menarik-narik rambutnya.

Satu orang pengembara kebetulan lewat di tempat itu mendengarnya menangis dan bertanya apa saja yang terjadi.

"Emasku! oh.. emasku!" kata si Pelit, "seseorang telah merampok saya!"

"Emasmu! di dalam lubang itu? Mengapa kamu menyimpannya disana? Mengapa emas tersebut tidak kamu simpan di dalam rumah dimana kamu dapat dengan mudah mengambilnya saat kamu ingin membeli sesuatu?"

"Membeli sesuatu?" teriak si Pelit dengan marah. "Saya tidak akan membeli sesuatu dengan emas itu. Saya bahkan tidak pernah berpikir untuk berbelanja sesuatu dengan emas itu." teriaknya lagi dengan marah.

Pengembara itu kemudian mengambil sebuah batu besar dan melemparkannya ke dalam lubang harta karun yang telah kosong itu.

"Kalau begitu," katanya lagi, "tutup dan kuburkan batu itu, nilainya sama dengan hartamu yang telah hilang!"

Tegal, 12 Agustus 2010

PEMBIMBING PKP

MAHASISWA

MOH. MAS’UNI, S.Ag, MSI

NIPY. 002998056

MUHAMAD SULAIMAN

NIM. 16160202

TUGAS MATA KULIAH : PRAKTIK KERJA PERPUSTAKAAN (PKP)

LOKASI : PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM BAKTI NEGARA (STAIBN)

KEGIATAN : MEMBUAT CERITA ANAK

TANGGAL PELAKSANAAN : 24 JULI 2010

PELAKSANA

NAMA : MUHAMAD SULAIMAN

NIM : 016160202


Cinderela

Di sebuah kerajaan, ada seorang anak perempuan yang cantik dan baik hati. Ia tinggal bersama ibu dan kedua ,kakak tirinya, karena orangtuanya sudah meninggal dunia. Di rumah tersebut ia selalu disuruh mengerjakan seluruh
perkerjaan rumah. Ia selalu dibentak dan hanya diberi makan satu kali sehari oleh ibu tirinya. Kakak-kakaknya yang jahat memanggilnya "Cinderela". Cinderela artinya gadis yang kotor dan penuh dengan debu. "Nama yang cocok buatmu !" kata mereka. Setelah beberapa lama, pada suatu hari datang pengawal kerajaan yang menyebarkan surat undangan pesta dari Istana. "Asyik! kita akan pergi dan berdandan secantikcantiknya. Kalau aku jadi putri raja, ibu pasti akan gembira", kata mereka. Hari yang dinanti tiba, kedua kakak tiri Cinderela mulai berdandan dengan gembira. Cinderela sangat sedih sebab ia tidak diperbolehkan ikut oleh kedua kakaknya ke pesta di Istana. "Baju pun kau tak punya, apa mau pergi ke pesta dengan baju sepert itu?", kata kakak Cinderela.

Setelah semua berangkat ke pesta, Cinderela kembali ke kamarnya. Ia menangis sekeraskerasnya karena hatinya sangat kesal. "Aku tidak bisa pergi ke istana dengan baju kotor seperti ini, tapi aku ingin pergi.." Tidak berapa lama terdengar sebuah suara. "Cinderela, berhentilah menangis." Ketika Cinderela berbalik, ia melihat seorang peri. Peri tersenyum dengan ramah. "Cinderela bawalah empat ekor tikus dan dua ekor kadal." Setelah semuanya dikumpulkan
Cinderela, peri membawa tikus dan kadal tersebut ke kebun labu di halaman belakang. "Sim salabim!" sambil menebar sihirnya, terjadilah suatu keajaiban. Tikustikusberubah menjadi empat ekor kuda, serta kadalkadal berubah menjadi dua orang sais. Yang terakhir, Cinderela berubah menjadi Putri yang cantik, dengan memakai gaun yang sangat indah. Karena gembiranya, Cinderela mulai menari berputar-putar dengan sepatu kacanya seperti kupu-kupu. Peri berkata, "Cinderela, pengaruh sihir ini akan lenyap setelah lonceng pukul dua belas malam berhenti. Karena itu, pulanglah sebelum lewat tengah malam. "Ya Nek. Terimakasih," jawab Cinderela. Kereta kuda emas segera berangkat
membawa Cinderela menuju istana. Setelah tiba di istana, ia langsung masuk ke aula istana. Begitu masuk, pandangan semua yang hadir tertuju pada Cinderela.

Mereka sangat kagum dengan kecantikan Cinderela. "Cantiknya putri itu! Putri dari negara mana ya ?"Tanya mereka. Akhirnya sang Pangeran datang menghampiri Cinderela. "Putri yang cantik,maukah Anda menari dengan saya ?" katanya. "Ya!," kata Cinderela sambil mengulurkantangannya sambil tersenyum. Mereka menari berdua dalam irama yang pelan. Ibu dankedua kakak Cinderela yang berada di situ tidak menyangka kalau putri yang cantik itu adalah Cinderela.
Pangeran terus berdansa dengan Cinderela. "Orang seperti andalah yang saya idamkan selama ini," kata sang Pangeran. Karena bahagianya, Cinderela lupa akan waktu. Jam mulai berdentang 12 kali. "Maaf Pangeran saya harus segera pulang..,". Cinderela menarik tangannya dari genggaman pangeran dan segera berlari ke luar Istana. Di tengah jalan, sepatunya terlepas sebelah, tapi Cinderela tidak memperdulikannya, ia terus berlari. Pangeran mengejar Cinderela, tetapi ia kehilangan jejak Cinderela. Di tengah anak tangga, ada sebuah sepatu kaca
kepunyaan Cinderela. Pangeran mengambil sepatu itu. "Aku akan mencarimu," katanya bertekad dalam hati. Meskipun Cinderela kembali menjadi gadis yang
penuh debu, ia amat bahagia karena bisa pergi pesta. Esok harinya, para pengawal yang dikirim Pangeran datang ke rumah-rumah yang ada anak
gadisnya di seluruh pelosok negeri untuk mencocokkan sepatu kaca dengan kaki mereka, tetapi tidak ada yang cocok. Sampai akhirnya para pengawal tiba di rumah Cinderela. "Kami mencari gadis yang kakinya cocok dengan sepatu kaca ini," kata para pengawal. Kedua kakak Cinderela mencoba sepatu tersebut, tapi kaki mereka terlalu besar. Mereka tetap memaksa kakinya dimasukkan ke sepatu kaca sampai lecet. Pada saat itu, pengawal melihat Cinderela. "Hai kamu, cobalah sepatu ini," katanya. Ibu tiri Cinderela menjadi marah," tidak akan cocok dengan anak ini!".
Kemudian Cinderela menjulurkan kakinya.

Ternyata sepatu tersebut sangat cocok. "Ah! Andalah Putri itu," seru pengawal gembira. "Cinderela, selamat..," Cinderela menoleh ke belakang, peri sudah berdiri di belakangnya. "Mulai sekarang hiduplah berbahagia dengan Pangeran. Sim salabim!.," katanya. Begitu peri membaca mantranya, Cinderela berubah menjadi seorang Putri yang memakai gaun pengantin. "Pengaruh sihir ini tidak akan hilang walau jam berdentang dua belas kali", kata sang
peri. Cinderela diantar oleh tikus-tikus dan burung yang selama ini menjadi temannya. Sesampainya di Istana, Pangeran menyambutnya sambil tersenyum bahagia. Akhirnya Cinderela menikah dengan Pangeran dan hidup
berbahagia.

Tegal, 12 Agustus 2010

PEMBIMBING PKP

MAHASISWA

MOH. MAS’UNI, S.Ag, MSI

NIPY. 002998056

MUHAMAD SULAIMAN

NIM. 016160202

TUGAS MATA KULIAH : PRAKTIK KERJA PERPUSTAKAAN (PKP)

LOKASI : PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM BAKTI NEGARA (STAIBN)

KEGIATAN : MEMBUAT CERITA ANAK

TANGGAL PELAKSANAAN : 24 JULI 2010

PELAKSANA

NAMA : MUHAMAD SULAIMAN

NIM : 016160202


Kerbau dan Kambing

Seekor kerbau jantan berhasil lolos dari serangan seekor singa dengan cara memasuki sebuah gua dimana gua tersebut sering digunakan oleh kumpulan kambing sebagai tempat berteduh dan menginap saat malam tiba ataupun saat cuaca sedang memburuk. Saat itu hanya satu kambing jantan yang ada di dalam gua tersebut. Saat kerbau masuk kedalam gua, kambing jantan itu menundukkan kepalanya, berlari untuk menabrak kerbau tersebut dengan tanduknya agar kerbau jantan itu keluar dari gua dan dimangsa oleh sang Singa. Kerbau itu hanya tinggal diam melihat tingkah laku sang Kambing. Sedang diluar sana, sang Singa berkeliaran di muka gua mencari mangsanya.

Lalu sang kerbau berkata kepada sang kambing, "Jangan berpikir bahwa saya akan menyerah dan diam saja melihat tingkah lakumu yang pengecut karena saya merasa takut kepadamu. Saat singa itu pergi, saya akan memberi kamu pelajaran yang tidak akan pernah kamu lupakan."

Tegal, 12 Agustus 2010

PEMBIMBING PKP

MAHASISWA

MOH. MAS’UNI, S.Ag, MSI

NIPY. 002998056

MUHAMAD SULAIMAN

NIM. 016160202

TUGAS MATA KULIAH : PRAKTIK KERJA PERPUSTAKAAN (PKP)

LOKASI : PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM BAKTI NEGARA (STAIBN)

KEGIATAN : MEMBUAT BERITA MEDIA MASSA

TANGGAL PELAKSANAAN : 25 JULI 2010

PELAKSANA

NAMA : MUHAMAD SULAIMAN

NIM : 016160202


KKN Mahasiswa - Mahasiswi STAIN

Slawi - Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIBN) Tegal mulai Pertengahan Juli kemarin ( melakukan kuliah kerja nyata (KKN) di beberapa desa di Kabupaten Tegal. Upacara penerimaan berlangsung di tempat yang sesuai dengan program panitia KKN itu sendiri. Dalam sambutannya, Drs. H. JAMIL MUSLIM, MSI mengajak para mahasiswa yang ditempatkan di Kecamatan Tarub menggelorakan semangat warga untuk membangun dan memupuk rasa persatuan dan kesatuan. Mereka akan berada di sana satu bulan sejak dimulainya KKN. Dan diharapkan agar menjadikan Mahasiswa-Mahasiswi STAIBN menjadi lulusan yang Madani.

Tegal, 12 Agustus 2010

PEMBIMBING PKP

MAHASISWA

MOH. MAS’UNI, S.Ag, MSI

NIPY. 002998056

MUHAMAD SULAIMAN

NIM. 016160202

TUGAS MATA KULIAH : PRAKTIK KERJA PERPUSTAKAAN (PKP)

LOKASI : PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM BAKTI NEGARA (STAIBN)

KEGIATAN : PRESERVERASI BUKU

TANGGAL PELAKSANAAN : 28 JULI 2010

PELAKSANA

NAMA : MUHAMAD SULAIMAN

NIM : 016160202


Buku yang telah dipreservarasi adalah sebagai berikut:

1. Judul : Dasar-dasar Penguasaan Bahasa Inggris

Pengarang : Dr. Azhar Arsyet, M.A

Penerbit : Pustaka Pelajar

Tahun Terbit : 2004

Tebal Hal : 192 hal

Call Number : 103

Perbaikan : Penjilidan buku, sampul, label, kantong buku, kartu buku, tanggal kembali

2. Judul : SBM (Strategi Belajar Mengajar)

Pengarang : Drs. H. Abu Ahmadi

Penerbit : Pustaka Setia

Tahun Terbit : 1997

Tebal Hal : 192 hal

Call Number : 2X7.31

Perbaikan : Penjilidan buku, sampul, label, kantong buku, kartu buku, tanggal kembali

3. Judul : Agama Menjawab Tentang Berbagai Masalah Abad Modern

Pengarang : Drs. Cholil Uman

Penerbit : Ampel Suci

Tahun Terbit : 1984

Tebal Hal : 124 hal

Call Number : 2X4.2

Perbaikan : Penjilidan buku, sampul

4. Judul : Teologi Pendidikan

Pengarang : Prof. Dr. H. Mastuhu MPd

Penerbit : Friska Agung Insani

Tahun Terbit : 2000

Tebal Hal : 168 hal

Call Number : 2X7.39

Perbaikan : Penjilidan buku, sampul

5. Judul : Logika Sains Fisika

Pengarang : Dr. W. Poeshpropojo, SH

Penerbit : Pustaka Grafika

Tahun Terbit : 1999

Tebal Hal : 271 hal

Call Number : 2X7.4

Perbaikan : Penjilidan buku, sampul

6. Judul : Pendidikan

Pengarang : Oejng Soewargana

Penerbit : Ganaco, N.V

Tahun Terbit : 1969

Tebal Hal : 308 hal

Call Number : 2X7.31

Perbaikan : Penjilidan buku, sampul

7. Judul : Perawatan Jiwa Untuk Anak-anak

Pengarang : Dr. Zakiyah Drajat

Penerbit : Bulan Bintang

Tahun Terbit : 1973

Tebal Hal : 392 hal

Call Number : 2X7.320

Perbaikan : Penjilidan buku, sampul

8. Judul : Pendidikan Nasional

Pengarang : Drs. Rochmat R Nata Wijaya

Penerbit : PT. New Aqua Press

Tahun Terbit : 1981

Tebal Hal : 189 hal

Call Number : 2X0.37

Perbaikan : Penjilidan buku, sampul

9. Judul : Perjalanan Rokhani Kaum Sufi

Pengarang : Ibnu Mahali Abdullah Umar

Penerbit : Kreasi Wacana

Tahun Terbit : 2000

Tebal Hal : 263 hal

Call Number : 2X5.2

Perbaikan : Penjilidan buku, sampul

10. Judul : Islam, Barat dan Kebebasan Akademis

Pengarang : Ahmad O. Alumnijri

Penerbit : Titian Illahi Press

Tahun Terbit : 1997

Tebal Hal : 164 hal

Call Number : 2X7.4

Perbaikan : Penjilidan buku, sampul

Tegal, 12 Agustus 2010

PEMBIMBING PKP

MAHASISWA

MOH. MAS’UNI, S.Ag, MSI

NIPY. 002998056

MUHAMAD SULAIMAN

NIM. 016160202

TUGAS MATA KULIAH : PRAKTIK KERJA PERPUSTAKAAN (PKP)

LOKASI : PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM BAKTI NEGARA (STAIBN)

KEGIATAN : PERAGAAN STORY TELLING

TANGGAL PELAKSANAAN : 28 Juli 2010

PELAKSANA

NAMA : MUHAMAD SULAIMAN

NIM : 016160202


PERAGAAN STORY TELLING

NO

PESERTA

NAMA PESERTA

ALAMAT PESERTA

JUDUL CERITA

1.

10 Orang

1. Putri Ayu C

2. Cherin Alfiani

3. Adinda Dwi P

4. Fajar Azmi

5. Kristina Dewi

6. Elsa Olivia

7. Hudaifa

8. A. Al Faris

9. Dwi Dyan P

10. Oka Ayu S

1. SD Bakti Negara

2. SD Bakti Negara

3. SD Bakti Negara

4. SD Bakti Negara

5. SD Bakti Negara

6. SD Bakti Negara

7. SD Bakti Negara

8. SD Bakti Negara

9. SD Bakti Negara

10. SD Bakti Negara

Seorang yang Pelit

Tegal, 12 Agustus 2010

PEMBIMBING PKP

MAHASISWA

MOH. MAS’UNI, S.Ag, MSI

NIPY. 002998056

MUHAMAD SULAIMAN

NIM. 16160202

TUGAS MATA KULIAH : PRAKTIK KERJA PERPUSTAKAAN (PKP)

LOKASI : PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM BAKTI NEGARA (STAIBN)

KEGIATAN : MEMBUAT USULAN PENGADAAN BUKU

TANGGAL PELAKSANAAN : 2 Agustus 2010

PELAKSANA

NAMA : MUHAMAD SULAIMAN

NIM : 016160202


USULAN PENGADAAN BUKU

No

Judul

Pengarang

Penerbit

Tahun

Hal

ISBN

Harga

1.

Kanker Pada Wanita

Lina Mardiana

Penebar Swadaya Grup

2008

-

979-489-774-4

Rp 56.000,-

2.

Aneka Desain Rumah Bertingkat

Agung Budi S

Penebar Swadaya Grup

2008

84

979-26-3610-2

Rp 42.000,-

3.

Membuat Tanaman Hias Rajin Berbuah

Ir. Suesi Endah H

Agro Media Pustaka

2007

105

979-3084-00-6

Rp 31.000,-

4.

Ensiklopedi Tanaman Hias

Redaksi Agromedia

Agro Media Pustaka

2007

236

979-006-142-0

Rp 63.000,-

5.

Kiat Bercinta 2

Thomas W. Mc. Knight

BPK Gunung Mulia

2008

249

979-415-605-1

Rp 77.000,-

6.

Menggapai Cita-Cita

Tuwuh Trisna Hadi

Pustaka Insan Madani

2005

184

-

Rp 39.000,-

7.

Menikah Itu Indah

Mashuri Kartubi

Pustaka Insan Madani

2005

-

-

Rp 30.000,-

8.

Panduan Dasar Menggambar Dengan Pensil Untuk Anak

Ade Hensuska

Kawan Pustaka

2008

52

979-757-098-3

Rp 37.000,-

9.

Panduan Lengkap Menulis Article, Feature, dan Esay

F. Rahardi

Kawan Pustaka

2008

160

979-757-140-8

Rp 29.000,-

10.

Microsoft Office XP Untuk Sekretaris Modern

Wahana Komputer

Penerbit Andi

2007

334

-

Rp 46.000,-

11.

Kiat Jitu Menyusun Skripsi Jurusan Informatika/ Komputer

Agnes Maria

Penerbit Andi

2007

136

-

Rp 46.900,-

12.

Sains Dari Masa Ke Masa

Janice Van Cleave

Pakar Raya Pustaka

2006

124

-

Rp 20.000,-

13.

Bagaimana Membuat Proyek Ilmu Pengetahuan Menjadi Ilmiah

Thomas Moorman

Pakar Raya Pustaka

2006

104

-

Rp 35.000,-

14.

Kegembiraan Yang Tak Dapat Dirampas Orang

Robrecht Boudens, OMI

Kanisius

2001

-

-

Rp 49.400,-

15.

Suatu Hari Di Surga

Larry Libby

Kanisius

2001

-

-

Rp 35.000,-

16.

Analisa Laporan Keuangan

Ericha Helfert, D. BA

Penerbit Erlangga

2000

-

-

Rp 57.300,-

17.

Auditing Kontemporer

Sofyan S. Harapan

Penerbit Erlangga

2000

-

-

Rp 42.500,-

18.

Paper Craft: Kreasi Indah Dan Unik Dari Kertas

Revi Devi Paat

Gramedia

2007

-

-

Rp 35.000,-

19.

Wanita Dalam Lukisan Rose Madder

Stephen King

Gramedia

2007

-

-

Rp 65.000,-

20.

Misteri Rubrik Kontak Hati

S. Mara Gd

Gramedia

2007

-

-

Rp 43.000,-

Tegal, 12 Maret 2010

PEMBIMBING PKP

MAHASISWA

MOH. MAS’UNI, S.Ag, MSI

NIPY. 002998056

MUHAMAD SULAIMAN

NIM. 16160202

TUGAS MATA KULIAH : PRAKTIK KERJA PERPUSTAKAAN (PKP)

LOKASI : PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM BAKTI NEGARA (STAIBN)

KEGIATAN : MEMBUAT LEAFLET BUKU

TANGGAL PELAKSANAAN : 20 FEBRUARI 2010

PELAKSANA

NAMA : MUHAMAD SULAIMAN

NIM : 016160202


Tegal, 12 Maret 2010

PEMBIMBING PKP

MAHASISWA

MOH. MAS’UNI, S.Ag, MSI

NIPY. 002998056

MUHAMAD SULAIMAN

NIM. 16160202

TUGAS MATA KULIAH : PRAKTIK KERJA PERPUSTAKAAN (PKP)

LOKASI : PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM BAKTI NEGARA (STAIBN)

KEGIATAN : MEMBUAT PROPOSAL TAMAN BACAAN MASYARAKAT “CERDAS”

TANGGAL PELAKSANAAN : 3 AGUSTUS 2010

PELAKSANA

1. NAMA : MUHAMAD SULAIMAN

NIM : 016160202

2. NAMA : SUNARSIH

NIM : 016177213

TAMAN BACAAN MASYARAKAT

“CERDAS”

Sekretariat Jl. Projosumarto II, RT 06/02,

Purbasana, Kec. Tarub, Kab. Tegal HP. 081902612960


RENCANA PROGRAM

PENDIRIAN TAMAN BACAAN MASYARAKAT “CERDAS”

DI TARUB KAB. TEGAL

I. DASAR PEMIKIRAN

Kegemaran membaca masyarakat di Indonesia kita tergolong masih rendah bila dibandingkan dengan kegemaran membaca di negara lain. Di Mesir misalnya, hampir di setiap stasiun kereta api dan lokasi umum tersedia banyak toko buku dan tempat penyewaan buku, sehingga masyakarat mudah mengakses kebutuhan membacanya, gampang memperoleh bahan bacaan yang dibutuhkan. Dari pengkajian kegemaran membaca diperoleh data dan informasi bahwa masyarakat Indonesia per orang per hari membaca 0,9 halaman. Hal itu setidaknya menunjukkan bahwa tingkat kegemaran membaca di kalangan masyarakat Indonesia sangat ditentukan oleh tersedianya bahan bacaan untuk masyarakatnya.

Kegemaran membaca masyarakat Kabupaten Tegal tentunya tak jauh dari kondisi secara Nasional yang disajikan di atas, dan memerlukan perhatian serius jika kita ingin maju dan berkembang. Indikator perkembangan kegemaran membaca sangat menentukan keberhasilan pendidikan berdasarkan konsep awal kemajuan bersumber dari semangat dan keinginan masyarakat untuk membaca. Membaca adalah tonggak utama bagi seseorang untuk mencapai kecerdasan emosional, kecerdasan yang berkembang di luar wilayah metodologi pendidikan di dalam sekolah. Membaca mengantar kita untuk mendapatkan akses informasi seluas-luasnya, karena semakin luas seseorang memiliki informasi maka semakin terbuka pula peluang untuk memperoleh akses kehidupan yang lebih baik dan mapan.

Kegemaran membaca diawali dari masa kanak-kanak. Masyarakat yang telah mapan baca-tulis-hitung pada usia sekolah dasar, akan selalu membutuhkan bahan bacaan sesuai usianya. Penyediaan bahan bacaan bagi mereka perlu mendapatkan perhatian dari berbagai pihak. Berawal dari pemikiran menyediakan bahan bacaan untuk masyarakat, konsep selanjutnya yang berkembang adalah bagaimana masyarakat gampang mendapatkan bahan bacaan di seluruh kawasan Kab. Tegal ini? Perpustakaan adalah satu-satunya jawaban paling tepat. Tetapi perpustakaan saja belum menjamin seluruh lapisan masyakarat bisa memanfaatkannya, karena terbentur oleh masalah geografis setempat. Parameter tertinggi kegemaran membaca adalah terpenuhinya minimal 40 % jumlah penduduk menjadi anggota Perpustakaan, yang di Indonesia baru mencapai 1 %. Oleh sebab itu dibutuhkan satu terobosan yang mendekatkan bahan bacaan kepada masyarakat. Taman Bacaan Masyarakat menjadi pilihan utama, karena Taman Bacaan Masyarakat dipandang mampu meningkatkan kegemaran membaca. Taman Bacaan Masyarakat dipandang pula sebagai bagian dari fasilitas publik yang dibutuhkan masyarakat

II. MAKSUD DAN TUJUAN

Maksud dan tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan kegemaran membaca masyarakat desa Purbasana dan sekitarnya dengan jalan mendekatkan bahan bacaan kepada masyarakat, sehingga masyarakat dengan mudah mengakses informasi yang dibutuhkan.

III. TARGET YANG DIHARAPKAN.

Secara keseluruhan kegiatan ini diharapkan mampu memberikan bahan bacaan kepada masyarakat dari semua usia, dengan demikian merupakan salah satu bentuk pelayanan masyarakat dan fasilitas publik yang disediakan untuk membantu Pemerintah Kabupaten Tegal dalam mendukung peningkatan kegemaran membaca masyarakat Kabupaten Tegal. Bagi mereka yang telah menyelesaikan Program Pendidikan Luar Sekolah melalui Kejar Paket A, Kejar Paket B dan Kejar Paket C, dimungkinkan akan terjaga kesinambungan kegemaran membacanya.

IV. PELAKSANA

Pelaksana program ini adalah Masyarakat Baca Desa Purbasana bekerjasama dengan Perpustakaan Daerah Kab. Tegal.

Taman Bacaan Masyarakat “Cerdas” dibuka setiap hari pada pukul 15.00 s.d. 18.00 WIB.

V. PERSIAPAN PELAKSANAAN

a. Penyediaan lokasi

Pada prinsipnya lokasi Rumah Baca adalah menumpang pada rumah penduduk, tokoh masyarakat, yang bersedia. Atau lokasi pusat keramaian anak-anak pada sore hari untuk membaca, di antaranya di sekitar TPA dan masjid/musholla.

b. Penyediaan sarana dan prasarana

- Sarana dan prasarana disediakan oleh seluruh elemen masyarakat yang pengadaannya dikoordinasikan oleh Masyarakat Baca.

c. Penyediaan bahan pustaka

- Bahan koleksi buku fiksi dan non-fiksi diharapkan mendapatkan bantuan dari institusi nasional yang bergerak di bidang peningkatan kegemaran membaca

- Koleksi pustaka disediakan oleh elemen masyarakat yang pengadaannya dikoordinasikan oleh Masyarakat Baca.

- Sebagian koleksi pustaka disediakan/dibantu oleh Perpustakaan Daerah Kabupaten Tegal melalui kegiatan pengadaan sarana dan prasarana perpustakaan.

- Koleksi pustaka yang berupa buku mata pelajaran diharapkan disediakan/dibantu oleh Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Tegal melalui kegiatan pengadaan buku mata pelajaran.

VI. SARANA DAN PRASARANA TIAP RUMAH BACA

1. Sarana Taman Bacaan Masyarakat meliputi:

- 2 buah meja tulis.

- 2 buah rak buku mini.

- 2 buah meja baca rendah.

- 2 lembar karpet (ukruan 2 x 4 m).

- 2 buku daftar pengunjung (4 buku pertahun).

- 1 buah kalender

- 1 buah jam dinding.

- 1 buah papan nama

2. Bahan pustaka meliputi:

- 150 eksemplar buku fiksi tingkat SD.

- 150 eksemplar buku fiksi tingkat SMP

- 150 eksemplar buku fiksi tingkat SMA/SMK/Mhs/Umum

- 50 eksemplar buku non fiksi tingkat SD.

- 50 eksemplar buku non fiksi tingkat SMP

- 200 eksemplar buku non fiksi tingkat SMU/SMK/Mhs/Umum

- 1 unit buku pelajaran SD Kelas IV, V dan VI yang berupa suplemen buku pelajaran paket (semua mata pelajaran).

- 1 unit buku pelajaran SMP kelas I, Kelas II dan kelas III yang berupa suplemen buku pelajaran paket (semua mata pelajaran)..

- 1 unit buku pelajaran SMA/SMK kelas I, Kelas II dan Kelas III yang berupa suplemen buku pelajaran paket (semua mata pelajaran).

VII. SUMBER DANA

Sumber dana program Pendirian Taman Bacaan Masyarakat “Cerdas” secara kesinambungan sepanjang pelaksanaan program diharapkan berasal dari: Sumbangan Masyarakat desa Tarub dan sekitarnya.

VIII. RENCANA ANGGARAN.

Anggaran Taman Bacaan Masyarakat “Cerdas” dapat dirinci sebagai berikut:

a. Anggaran Sarana meliputi:

- 2 buah meja tulis = Rp 750.000,00

- 2 buah rak buku mini = Rp 1.200.000,00

- 2 buah meja baca rendah = Rp 500.000,00

- 2 lembar karpet (2 x 4 m) = Rp 150.000,00

- 4 buku daftar pengunjung = Rp 60.000,00

- 1 buah kalender = Rp 10.000,00

- 1 buah jam dinding = Rp 30.000,00

- 1 buah papan nama = Rp 250.000,00

[

b. Anggaran Bahan Pustaka meliputi:

- 150 eksemplar buku fiksi tingkat SD = Rp 3.750.000,00

- 150 eksemplar buku fiksi tingkat SMP = Rp 6.000.000,00

- 150 ekspl buku fiksi SMA/SMK/Mhs/Umum=Rp 7.500.000,00

- 50 eksemplar buku non fiksi tingkat SD = Rp 1.000.000,00

- 50 eksemplar buku non fiksi tingkat SMP = Rp 1.500.000,00

- 200 ekspl buku non fiksi SMU/Mhs/Umum = Rp 12.000.000,00

c. Total Anggaran per Rumah Baca = Rp 34.700.000,00

IX. PENUTUP

Demikian proposal program kami susun sebagai bagian dari perencanaan kegiatan peningkatan kegemaran membaca bagi masyarakat Kabupaten Tegal melalui pendirian Taman Bacaan Masyarakat “Cerdas”. Kami menyadari proposal program ini masih kurang sempurna, mengingat program ini berkesinambungan yang memerlukan kesatuan pemikiran dari seluruh unsur dan elemen masyarakat yang berorientasi pada peningkatan SDM pada waktu mendatang. Program ini diharapkan dapat berjalan secara bertahap sebagai satu kesatuan jangka panjang hingga tahun 2015.

Tegal, 24 Juli 2010

MASYARAKAT BACA KEMANTRAN

KETUA

MUHAMAD SULAIMAN

SEKRETARIS

SUNARSIH

Tegal, 12 Agustus 2010

PEMBIMBING PKP

MAHASISWA

MOH. MAS’UNI, S.Ag, MSI

NIPY. 002998056

MUHAMAD SULAIMAN

NIM. 016160202

TUGAS MATA KULIAH : PRAKTIK KERJA PERPUSTAKAAN (PKP)

LOKASI : PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM BAKTI NEGARA (STAIBN)

KEGIATAN : PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI

TANGGAL PELAKSANAAN : 5 AGUSTUS 2010

PELAKSANA

NAMA : MUHAMAD SULAIMAN

NIM : 016160202


Apa yang Membuat Perpustakaan FIB-UI Nyaman?

Ade Dahlan - Perpustakaan FIB-UI


Tugas utama Perpustakaan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia (FIB-UI) adalah membantu para mahasiswa memperoleh sumber informasi. Membantu dalam arti harfiahnya adalah melayani dan memenuhi kebutuhan mahasiswa setiap jurusan yang ada.


Selain itu, perpustakaan FIB melaksanakan apa yang dikatakan Sutarno, yaitu Tugas pokok Perguruan Tinggi benar-benar berada di suatu perguruan tinggi, baik universitas, akademik atau pun institut. Keberadaan tugas dan fungsi perpustakaan tersebut adalah dalam rangka Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. (Sutarno, 2003:35)

Tugas dan fungsi yang berhubungan dengan Perpustakaan FIB-UI adalah satu wujud kepedulian terhadap Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui pelayanan sivitas akademika: mahasiwa, pengajar, peneliti dan semua unsur yang terlibat di dalam kegiatan akademik. Di bidang pendidikan, Perpustakaan FIB harus mampu mengubah metode dan suasana belajar-mengajar agar mahasiswa dan dosen sama-sama aktif dan dinamis dalam upaya pendayagunaan perpustakaan secara optimal. Perpustakaan juga memungkinkan mahasiswa dan dosen mengembangkan kreativitas dan imajinasi mereka. Kedua pihak ini adalah aset bagi pepustakaan itu sendiri.

Kebutuhan mahasiswa dan dosen sangat beragam, sehingga koleksi harus disesuaikan dengan kebutuhan fakultas, jurusan, program studi, serta mata kuliah yang ada. Koleksi ini dapat berbentuk buku, jurnal, skripsi, dan lain-lain. Hal ini sesuai dengan pendapat Sulistyo-Basuki tentang tugas dan fungsi Perpustakaan yaitu :

a. melaksanakan pemilihan koleksi yang sesuai dengan kebutuhan para pengguna perpustakaan yaitu, mahasiswa atau pengajarserta pihak lain yang membutuhkan informasi

b. mengoleksi bahan pustaka yang tersedia sehingga mudah dapat digunakan oleh pengguna

c. menyelenggarakan peminjam koleksi dengan cara yang efesien. (1994:47).


Untuk menjawab kebutuhan mahasiswa dan dosen tersebut, perpustakaan FIB menyediakan koleksi buku meliputi berbagai disiplin ilmu, antara lain koleksi umum, filsafat, agama, sosial politik, ekonomi, ilmu-ilmu budaya, kesusastraan dan sejarah. Koleksi lain adalah skripsi, tesis, disertasi, majalah popular, jurnal ilmiah dan referensi. Perpustakaan FIB-UI juga mempunyai koleksi khusus, yaitu koleksi ilmu perpustakaan, koleksi BIPA (Bahasa Indonesia Penutur Asing), koleksi Cina, Belanda, dan koleksi buku langka (naskah kuno). Koleksi-koleksi tersebut diharapkan berguna untuk memenuhi setiap kebutuhan mahasiswa di perpustakaan FIB, namun hal ini tidak mutlak sebab pengguna memiliki kebutuhan yang sangat berbeda sesuai dengan perkuliahan. Contoh, seorang mahasiswa baru yang mengkuti program S1 Korea, memerlukan informasi berbeda dibandingkan dengan mahasiswa program lain.

Perpustakaan FIB, selain menyediakan berbagai koleksi buku yang beragam sesuai kebutuhan mahasiswa dan dosen, juga memberikan kenyamanan terhadap pengguna. �??Kenyamanan,�?? menurut (KBBI, 1993) adalah �??keadaan nyaman, kesegaran, dan kesejukan�?�. Ini sesuai kenyataan. Beberapa mahasiswa yang berkunjung ke Perpustakaan FIB mengatakan bahwa hal yang mendorong mereka datang ke perpustakaan adalah:

a. rasa nyaman, artinya seluruh ruangan perpustakaan ber-AC,

b. keadaan lingkungan fisik memadai, artinya tersedia bahan bacaan yang menarik, berkualitas, dan beragam,

c. keadaan lingkungan sosial yang kondusif, artinya seluruh staf berperilaku ramah, dan tersedia ruangan kerja, ruang diskusi khusus dosen dan mahasiswa, serta

d. layanan terakses (TI) Teknologi Informasi secara online.


Keempat faktor tersebut juga merupakan gambaran komitmen Perpustakaan FIB-UI meningkatkan pelayanan kenyamanan.Dengan begitu, perpustakaan secara keseluruhan menjadi tempat yang nyaman untuk memperoleh ilmu pengetahuan, wawasan, dan kearifan.

Menurut data statistik tahun 2006. Mahasiswa yang berkunjung ke Perpustakaan FIB-UI setiap harinya mencapai lebih dari 250 orang.Jumlah seluruh koleksi perpustakaan sampai bulan September 2006 sebanyak 74.727 judul (136.696) eksemplar, ditambah majalah/jurnal 458 eksemplar. Jumlah buku yang dipinjam setiap bulan 1350 judul, dan jumlah stasiun komputer yang tersedia 4 unit PC akses internet, 4 unit terakses penulusuran - Online Public Access Catalog (OPAC).

DAFTAR PUSTAKA Sutarno. Perpustakaan dan Masyarakat. Yayasan Obor Indonesia, Jakarta 2003.
Sulistyo-Basuki. Priodisasi Perpustakaan Indonesia. Remaja Rosdakarya, Bandung 1994.
Dep Dik Bud. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka, Jakarta 1993.
Sumber Data Statistik Perpustakaan FIB-UI, Depok 2006


Tegal, 12 Agustus 2010

PEMBIMBING PKP

MAHASISWA

MOH. MAS’UNI, S.Ag, MSI

NIPY. 002998056

MUHAMAD SULAIMAN

NIM. 16160202

LOKASI : PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM BAKTI NEGARA (STAIBN)

KEGIATAN : PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI

TANGGAL PELAKSANAAN : 5 AGUSTUS 2010

PELAKSANA

NAMA : MUHAMAD SULAIMAN

NIM : 016160202


Tegal, 12 Agustus 2010

PEMBIMBING PKP

MAHASISWA

MOH. MAS’UNI, S.Ag, MSI

NIPY. 002998056

MUHAMAD SULAIMAN

NIM. 16160202

A. Pengadaan Bahan Pustaka

No

Tanggal

Jam

Kegiatan

Hasil

Paraf Pembimbing

1

12 Juli 2010

08.00 s/d

14.00

Perkenalan dan pengarahan pengadaan buku

Baik

2

13 Juli 2010

08.00 s/d

14.00

Membuat daftar buku untuk Perpustakaan Sekolah Tinggi Agama Islam Bhakti Negara (STAIBN) Kabupaten Tegal

80%

3

14 Juli 2010

08.00 s/d

14.00

Membuat surat pesan buku

Baik

4

15 Juli 2010

08.00 s/d

14.00

Membuat daftar infentaris surat kabar

90%

5

16 Juli 2010

08.00 s/d

11.00

Menyelesaikan daftar infentaris surat kabar

Baik

6

17 Juli 2010

08.00 s/d

14.00

Mengantarkan surat pesanan buku

Baik

7

18 Juli 2010

Libur

-

B. Pengolahan Bahan Pustaka

No

Tanggal

Jam

Kegiatan

Hasil

Paraf Pembimbing

1

19 Juli 2010

08.00 s/d

14.00

Ø Pengecekan koleksi

Ø Menstempel buku

2

20 Juli 2010

08.00 s/d

14.00

Ø Pengecekan koleksi

Ø Menstempel buku

3

21 Juli 2010

08.00 s/d

14.00

Ø Mengklasifikasi buku

Ø Memberi label buku

Ø Membuat kantong buku

4

22 Juli 2010

08.00 s/d

14.00

Ø Mengklasifikasi buku

Ø Memberi Label buku

Ø

5

23 Juli 2010

08.00 s/d

11.00

Ø Mengklasifikasi buku

Ø Memberi kantong buku

Ø Memberi Label buku

6

24 Juli 2010

08.00 s/d

14.00

Ø Memberi kantong buku

Ø Memberi slip tanggal kembali

Ø Memberi kartu buku

7

25 Juli 2010

Ø Libur

-

8

26 Juli 2010

08.00 s/d

14.00

Ø Menginventaris buku

9

27 Juli 2010

08.00 s/d

14.00

Ø Menginventaris buku

10

28 Juli 2010

08.00 s/d

14.00

Ø Menginventaris buku

Ø

11

29 Juli 2010

08.00 s/d

14.00

Ø Membuat katalog buku

12

30 Juli 2010

08.00 s/d

11.00

Ø Merilis buku

13

31 Juli 2010

08.00 s/d

14.00

Ø Menata buku ke rak

14

1 Agustus 2010

Ø Libur

-

C. Pelayanan Bahan Pustaka

No

Tanggal

Jam

Kegiatan

Hasil

Paraf Pembimbing

1

02 Agustus 2010

08.00 s/d

14.00

Ø Layanan sirkulasi

Ø Pembagian buku paket pada mahasiswa semester II a, II b

2

03 Agustus 2010

08.00 s/d

14.00

Ø Layanan sirkulasi

Ø Pembagian buku paket pada mahasiswa semester VIa, VI b, VI c, VI d

3

04 Agustus 2010

08.00 s/d

14.00

Ø Pembagian buku paket pada mahasiswa semester VIIIa, VIIIb, VIIIc, VIIId

4

05 Agustus 2010

08.00 s/d

14.00

Ø Melayani peminjaman buku

5

06 Agustus 2010

08.00 s/d

11.00

Ø Melayani pengembalian buku

6

07 Agustus 2010

08.00 s/d

14.00

Ø Melayani peminjaman buku dan melayani pengembalian buku

7

08 Agustus 2010

Ø Libur

-

8

09 Agustus 2010

08.00 s/d

14.00

Ø Perpisahan PKP